semua bebas memaknai kehidupan...begitu pula kebebasan dalam memaknai setiap huruf dalam goresan hati dan pikiran ini

.


kadang hati ingin mengungkap...
kadang mulut malas untuk mengucap...

cuma satu cara untuk membuatnya terlontar...
lewat kata-kata ini aku coba bersua...

Selasa, 04 Mei 2010

Bicara Lewat Jempol


Ini bukan iklan loh..hanya ingin berbagi pikiran dan pengalaman.
Siapa dari kita yang pernah melihat orang-orang yang asyik dengan dunia ponselnya? Atau jangan-jangan satu di antara kita memang mengalaminya, kalau saya justru salah satu yang mengganggap kebiasaan itu aneh.
Era kemajuan teknologi melahirkan banyak teknologi baru. Salah satunya kemutakhiran sebuah ponsel. Tak hanya layanan telepon atau SMS, tetapi banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh sebuah ponsel. Mulai dari browsing internet, gratis chatting, layanan jaringan pertemanan di internet, sampai nonton tv di internet.
Tanpa sadar, kemajuan teknologi ini membawa kemunduran hubungan sosial. Bagaimana tidak? Saat ini, jika kita sedang berada di tempat umum, katakanlah kereta (seperti kereta ekspres yang kerap kali saya gunakan sebagai transportasi). Saya jarang sekali bisa menemukan orang yang berbincang satu dengan yang lain.
Sempat saya perhatikan, sekawanan perempuan muda sekitar 24 tahun naik kereta bersama saya. Mereka duduk bersebelahan, tapi saya tidak melihat adanya perbincangan antara mereka. Masing-masing sibuk dengan ponselnya. Atau mungkin mereka sebenarnya berbincang, tapi melalui media ponsel....
Ini benar-benar kemunduran hubungan sosial. Tempat umum yang seharusnya sarana untuk kita bisa berbincang dengan orang-orang, baik kenal ataupun tak kenal, dan mungkin menjadi sarana orang tua dulu yang sering bilang "semoga ketemu jodoh di jalan", rasanya sulit untuk sekarang ini. Bagaimana bisa berkenalan dan akhirnya bertemu jodoh, ngobrol aja tidak. Masing-masing orang lebih memilih "autis" dengan hidupnya bersama ponsel dibandingkan sekadar berbasa-basi dengan orang di sebelahnya. Silaturahmi telah tergantikan dengan teknologi berbicara tanpa suara. Yah, inilah yang saya sebut dengan "bicara lewat jempol."

MK


*foto: www.bing.com

5 komentar:

  1. Horeeeee yang pertama nih
    Marina jumpa lagi
    Baru kusadari dewasa ini yg paling aktif adalah jempol

    BalasHapus
  2. Ups ternyata di moderasi, berarti belum tentu yg pertama Hiks

    BalasHapus
  3. tenang...tetep jadi yang pertama comment... ;)

    BalasHapus
  4. hweheheheh....ya emang itulah yang ada di lingkungan kita hehehe...jadi sama topik, it's no big problem hehhehe...

    BalasHapus

leave your comment here!